MELALUI KEBAIKANMU TUHAN DIKENAL

2 Tawarikh 9: 1 – 11

oleh : Pdt. Jotje Hanri Karuh


Mahatma Gandhi pernah berkata, “Saya mencintai Kristus tetapi tidak orang-orang kristen sebab mereka tidak seperti Kristus.” Perkataan Gandhi ini berisikan kritik terhadap orang-orang Kristen saat itu yang hidup dan kehidupannya tidak mencerminkan ajaran Kristus itu sendiri. Ingat! Tuhan memanggil kita tidak hanya untuk setia tetapi juga untuk berbuah dengan menunjukkan kebaikan kepada sesama. Oleh sebab itu, sangat tepat apabila Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Kolose mengatakan, “Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada….sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.” (Kolose 4:5-6). Seorang filsuf Yunani yang bernama Iphicrates mengatakan, “Kebaikan adalah kemuliaan yang sejati.” Jadi, kemuliaan seseorang di mata Tuhan dan sesama dapat juga dilihat dari kebaikan hati yang diperlihatkan kepada sesamanya.

Kitab 2 Tawarikh menceritakan kunjungan ratu Syeba kepada raja Salomo. Ini adalah kunjungan kenegaraan. Yang menarik dari kunjungan ini ialah ratu Syeba pada akhirnya mengakui hikmat yang dimiliki Salomo dan pada akhirnya memuji Tuhan yang dikenal dan disembah Salomo dan bangsa Israel (ayat 8). Dari kisah ini kita melihat bahwa melalui sikap hidup raja Salomo, ratu Syeba dan bangsanya yang semula tidak mengenal Tuhan Allah menjadi mengenal Tuhan Allah-nya Israel. Secara tidak langsung raja Salomo sudah memperlihatkan kebaikan Tuhan melalui sikap hidup dan pemerintahan yang dipimpinnya. Melalui sikap hidup Salomo, Tuhan di kenal dan disembah bangsa lain.

Hal yang sama berlalu juga atas kehidupan kita. Orang yang ada di sekitar kita harus merasakan manfaatnya bergaul dengan seorang yang menyebut dirinya kristen dan bukan sebaliknya. Itu berarti, di mana pun kita berada kita perlu menunjukkan kebaikan hati kita. Perbuatan kita kepada sesama merupakan cerminan dari kasih dan pengenalan kita kepada Kristus. Sikap hidup kita merupakan pemberitaan firman kita kepada sesama. Setiap hari kita memberitakan tentang Tuhan kepada orang lain melalui sikap hidup kita. Apakah setiap orang yang kita jumpai merasakan kasih Tuhan serta memuji dan memuliakan Tuhan itu sangat bergantung pada isi khotbah kehidupan kita. Siapa kita jauh lebih penting dari sekedar penampilan luar yang kita perlihatkan. Kita dapat membawa seseorang kepada Kristus jika memancarkan terangNya melalui kebaikan yang kita perlihatkan. Keselarasan perkataan dan perbuatan kita setiap hari, sebagai cerminan persekutuan kita dengan Yesus, adalah melodi yang indah di telinga orang-orang yang belum mengenal Kristus sehingga melalui perbuatan baik yang kita lakukan kita dapat memuliakan Kristus dan membuat sesama memuji dan memuliakan Tuhan kita.

Di dalam hidup ini kita dapat memilih untuk menjadi terang dan teladan bagi orang lain atau sebaliknya. Pilihan hidup orang beriman ialah tentu menjadi terang dan teladan. Bukankah kita ini surat Kristus yang terbuka. Setiap hari kita menuliskan injil bagi sesama ataukah kabar buruk bagi setiap orang yang ada di sekitar kita. Belajar dari kisah Salomo, kita perlu membangun diri kita agar menjadi sarana di mana orang lain mengenal Allah yang kita kenal dalam Kristus Yesus.

Selanjutnya, apa yang harus kita sampaikan kepada anak-anak Sekolah Minggu? Untuk materi ini ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam cerita kita.

  1. Salomo dikenal orang bukan semata-mata karena kemegahan istananya atau luasnya wilayah kerajaannya, ia dikenal dalam sejarah justru karena kebaikan hatinya. Kebaikan hati yang membuatnya dapat bersaksi tentang Allah yang diimaninya.
  2. Tekankan pada anak-anak bahwa kita dapat bersaksi kepada sesama melalui perbuatan kita sehari-hari.
  3. Tekankan bahwa kita adalah surat Kristus yang terbuka yang dibaca oleh semua orang.
  4. Ajak mereka untuk memahamai bahwa Kristus Yesus tidak hanya menginginkan kita rajin ke gereja tetapi juga memperlihatkan kebaikan hati kita kepada sesama.

Tentang blessedday4us

Pdt. Jotje Hanri Karuh - GKI Kebonjati Bandung
Pos ini dipublikasikan di BAHAN PERSIAPAN GSM dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s